Liburan Sang Perantau

Liburan liburan liburan..
Yah akhirnya liburan juga...
Kali ini mau cerita tentang liburan di semester yang sudah lumayan tua ini. Tidak terasa sudah melewati 5 semester di Kampus Perjuangan ITS Surabaya. Itu berarti tersisa 3 semester lagi untuk waktu normal :)
Saya lebih senang memanggil diri saya dengan nama "Perantau". Di samping karena saya orang Bugis, yang mana orang bugis itu punya kebiasaan untuk merantau di jaman dulu. Dan kebanyakan merantau untuk mencari rezeki untuk keluarga di kampung bahkan berkeluarga di megeri rantaunya. Tapi, saya tidak masuk ke keduanya kok :D Saya lebih memilih untuk merantau ilmu pengetahuan di negeri orang :D
Yang kedua kenapa saya memanggil diri saya perantau, karena perantau biasanya memiliki sikap "penjajah" begitu. Dalam artian menggali segala apa yang dimiliki oleh tanah jajahannya. Dan sekarang saya sedang menanah di tanah Jawa haha.
Oke, back to topic, liburan kali ini saya memutuskan untuk tidak pulang kampung. Wah sedih rasanya. Tapi saya memang sudah membuat jadwal untuk pulang kampung selama setahun sekali. Yah hitung-hitung untuk melatih diri lebih mandiri lagi :D Alasan lain juga karena kadang setelah pulang kampung, semangat kuliah itu sangat berbeda. Rasanya berat sekali untuk memulai kuliah lagi -_- *pengalaman*
Liburan minggu pertama dari 2 minggu liburan saya isi dengan bersih-bersih laptop dan seisinya. Biasalah, para mahasiswa jurusan saya (Sistem Informasi ITS), laptop menjadi barang yang "dikaramatkan" haha... Bagaimana tidak. Kalau laptop bermasalah di tengah perkuliahan apalagi di minggu terakhir perkuliahan, beuuh bikin stress *kaya'nya sih*. Apalagi kalau di laptopnya ada dokumen-dokumen buat Final Project *biasanya pengganti UAS* pasti tambah stress. Masa' dibikin ulang dari awal lagi -_-
Trus, yang saya lakukan apa aja sih buat bersih-bersih laptop? Nah, berikut tips-tipsnya:
  1. Bikin folder untuk setiap semester. Misal, Semester I, Semester II, Semester III, dll.
  2. Terus dalam folder semester, buatlah foolder untuk setiap mata Kuliah.
  3. Nah, dalam folder setiap mata kuliah ini, masukkan semua file-file penting terkait mata kuliah ini. Misal, materi, tugas, e-book, video pembelajaran, dll. Ini akan sangat membantu ketika kita membutuhkan file-file tertentu terkait mata kuliah. Biasanya juga adek-adek angkatan minta file mata kuliah tertentu. Nah, tinggal buka-buka foldernya aja langsung ketemu :D
File-file lain yang perlu dibersihkan adalah file di folder Download. Folder ini pastinya akan dipenuhi berbagai file yang biasanya didownload untuk mencari materi-materi yang dibutuhkan di internet. Dan biasanya lagi, dari 10 file yang didownload, hanya satu atau dua file yang benar-benar kita butuhkan dan file lainnya hanya akan memenuhi hardisk laptop kita.
Selesai bersih-bersih laptop, sekarang melanjutkan ke agenda selanjutnya. Yah, namanya juga liburan, berarti boleh dong ya kita refreshing. Apa aja boleh pokoknya. It's Free Day :D
Saya menghabiskan waktu dengan menonton film hasil "rampokan" saya di laptop orang haha *rampok=minta :p*
Setelah itu, mulai move on dari hiburan kamar. Sekarang waktunya menjelajah di Bumi Surabaya. Saya dan lima kawan saya lainnya berpetualang di Taman Mangrove Surabaya. Sebuah kawasan penanaman mangrove di Surabaya yang cukup luas di Kota Surabaya. Kawasannya sangat pas untuk menjelajahi alam dan sangat nyaman. Disana terdapat terowongan mangrove yang terbentuk dari tanaman mangrove yang membentuk terowongan sehingga sangat nyaman untuk berjalan-jalan. Kemudian, untuk melanjutkan perjalanan, pengunjung harus menggunakan perahu untuk mencapai daerah ujung yaitu di tepi pantai. Tapi, berhubung kantong lagi kering, jadi kami ambil jalan pintas untuk menjelajahi mangrove dengan berjalan kaki. Perjalanan ini cukup jauh dan pastinya melelahkan. Sepanjang perjalanan yang terlihat hanyalah empang-empang masyarakat sekitar. Untuk pertama kalinya, pasti kita akan bingung dan putus asa karena tidak ada pemandangan laut sepanjang mata memandang. Tapi, tetap kami lanjutkan hingga mencapai sebuah tempat peristirahatan. Dan ternyata itulah puncak perjuangannya. Disana ada rumah bambu yang dibuat di tepi pantai. Jadi di atas air laut gitu. Keren lah pokoknya :D
Ini beberapa dokumentasi yang saya ambil di Taman Mangrove (Januari 2014)


Lanjutannya next time ya, mau off dulu :3

0 comments: