Kalau Kamu Menolong (Agama) Allah, maka Allah Akan Menolongmu

Setelah sekian lama membaca status dari Pak Agus, kaya'nya lumayan kalau dimuat di blog. Semoga beliau tidak keberatan dengan memuat tulisannya di blog saya hehe.....
Oke, ini adalah salah satu status beliau yang menjadi favorit saya. Keren soalnya :D
Dibaca ya. Dan direnungi dengan seksama....
=========================================================

Sbg mhs S3 di Jepang, saat itu sy bersyukur utk pertama kalinya berhasil menembus jurnal internasional. Namun sayang, statusnya masih "Diterima dg revisi". Dan revisinya luar biasa banyak bahkan sampai eksperimen ulang.


Sdh bbrp minggu saya merevisinya satu persatu, hingga tibalah saatnya Kamis malam itu hari terakhir submission (hingga jam 24:00). Lumayan stress, sbb msh tersisa bbrp revisi lagi yg seandainya sy kerjakanpun masih butuh setidaknya 2 hari.



Tambah bingung lagi sy punya online rutin utk dzikir bersama "Ratib Haddad" dan pengajian "Nashoihud Diniyah" jam 20:00. Peserta meski tdk hadir fisik, tp telah siap, online (dari negaranya masing2), pd malam Jum'at jam 8 malam tsb. 

Pilihan antara menyelesaikan tugas besar "revisi akhir dan submit" dan menjalani "wirid ngaji" NU Nihon. Sempat muncul di benak saya
"Sekali-kali libur ngaji kan gpp sih"

Tiba2 terbersit dlm pikiran saya ayat:
"Intanshurullaha yanshurkum"
Kalau kamu menolong (agama) Allah, maka Allah akan menolongmu.

Ayat ini memastikan jam 20:00 itu sy harus hentikan revisi, dan segera online. Singkat saja yg penting mlm itu tdk libur. 

Tapi, di luar dugaan, ternyata pengajian malam itu menarik minat banyak peserta, shg tanya jawab hrs sy ladeni hingga jam 22:00.

Akhirnya, baru jam 22:00 itu sy membuka kembali lembar2 revisi saya.
Subhanallah, bak cerita dongeng membangun 1000 candi. Saya berusaha menyelesaikan revisi teks berbhs Inggris itu, meski kemampuan english sy pas2an. Lalu dilanjutkan submission, yg spt biasa, "upacara"nya sangat banyak (ngisi bermacam2 isian), spt uipload berbagai file (teks, gambar2, tabel, copy right, dll).
Alhamdulillah spt ada yg menuntun semuanya berlangsung cepat dan lancar tanpa error.

Begitu klik "submit", bbrp detik kemudian sy terima email notification bahwa revisi saya diterima, lalu saya lihat jam. Alhamdulillaaaaaah , ini masih jam 24 kurang bbrp menit. Seakan tdk percaya, sbb lumrahnya pasti tdk secepat itu. Apalagi itu online submission, biasanya ribet dg berbagai instruksi.

Kerjaan 2 hari selesai dalam 2 jam.

Setelah itu saya termenung. Kalaulah sy tadi tdk mengutamakan ngaji, blm tentu juga revisi ini selesai malam ini. "Alhamdulillah, matur nuwun Gusti"

Paper "Image segmentation by histogram thresholding using hierarchical cluster analysis" itu Insya Allah berkah. Hari ini saja "secara formal", menurut scholar.google.com paper tsb sdh disitasi 73 paper lain di seluruh dunia

"Intanshurullaha yanshurkum"

=========================================================
Gimana? Keren kan? Pastinya :D
Beliau ini adalah pembina saya di ITS di organisasi CSS MoRA ITS. Beliau membawakan pengajian kitab Nashoihuddiniyah di Masjid Manarul Ilmi ITS setiap Jum'at jam 8 malam. Sungguh beliau masih Istiqomah dengan kegiatan ini sejak beliau masih mahasiswa hingga menjadi dosen di ITS.
Tunggu beberapa status beliau lagi ya. Nanti akan saya post lagi.... :D

0 comments: